Tuesday, March 21, 2006

Surabaya

Perjalanan pertama gua di tahun 2006 ini adalah ke Surabaya. Kenapa ke Surabaya? Well, gua berencana tahun ini akan meng-eksplor pulau Jawa. Hehehehe. Obsesi terbesar gua di tahun 2006. Dan, akhirnya, untuk memulai perjalanan, gua mengambil kota Surabaya sebagai tujuan pertama perjalanan gua tanggal 11-12 Maret 2006 kemarin.

Dari kantor gua di daerah Fatmawati gua cabut jam 3 sore. Soalnya gua mau beli tiket kereta on the spot aja di Gambir. Dari kantor gua naik metromini 610, turun di terminal Blok M. Dari situ gua naik Busway en turun di Halte Monas. Nah, ada kejadian dodol disini. Kan gua tanya ama mbak-mbak penjaga loketnya, kalo mau ke Gambir turun di Halte mana, karena seinget gua ada halte Busway di deket Gambir. Trus kata si mbak-mbaknya, gua turun di Halte Sawah Besar dan naik Busway lagi yang ke arah Blok M en turun di Halte Monas. Udah nih, gua naik. Trus Busway itu berenti di Halte Monas. Gua pikir, ini Halte Monas ini beda ama Halte Monas yang mau ke Gambir. Lagian kan kata mbaknya gua suruh oper di halte Sawah Besar kan. Ya udah gua terus aja tuh. Dan pas sampe Sawah Besar gua oper naik Busway ke arah Blok M dan turun di Halte Monas. Dan ternyata sodara-sodara, Halte Monasnya sama ama yang tadi gua lewatin !!. Bahlul.Ya sudd, sambil ngomel-ngomel dalem hati gua langsung naik ojek dari depan Halte Busway Mona situ ke Gambir. Bayar 5.000. Mungkin bisa ditawar, tapi karena gua males nawar ya udah gua langsung naik aja.

Sampe di Gambir, gua langsung beli tiket Kereta Api ke Surabaya. Ama mbaknya gua dikasi tiket Kereta Gumarang. Gua ambil kelas eksekutif, biar nyaman aja sih. Harga tiketnya 200 ribu. Jadwal berangkat dari Stasiun Gambir jam 18.10 WIB. Dan ternyata, keretanya baru dateng jam 19.30. Anjritt. Ngaret abiss. Udah gitu ya, kelas eksekutif kereta Gumarang ternyata cuman eksekutif-eksekutifan. Jelek banget. Nggak asik. Tempat duduknya nggak nyaman. Ah, parah deh pokoknya. Gua sampe mati gaya di kereta. Untung orang di sebelah gua turun di Semarang, jadi gua bisa mempergunakan 2 tempat duduk dengan sebaik-baiknya. Hehehehe.Oh iya, di kereta gua dapet makan malem, yaitu 1 porsi nasi goreng yang tidak mengenyangkan. Ihiks.

Gua sampe di Stasiun Pasar Turi jam 7 pagi. Trus langsung ke penginapan di daerah Pasar Kembang. Namanya Hotel Kembang. Harga kamarnya yang ada AC & TV nya itu Rp. 90.000. Hotelnya agak kurang bersih, tapi lumayanlah. Hotel Melati gitu loh. Abis istirahat dan bersih-bersih, gua makan siang di deket hotel. Makan Coto Makassar. Bego deh ah, jauh-jauh ke Surabaya makannya Coto Makassar. Hahahaha. Hari itu gua nyaris nggak kemana-mana karena gua capek banget en langsung bablas tidur ampe pagi. Hehehehehe.

Besok paginya gua langsung memulai “wisata kuliner” dan jalan-jalan di Kota Surabaya. Paginya sekitar jam 10, gua sarapan dengan makan tahu campur. Hmm….nyam nyam. Masakan Surabaya yang ini emang enak banget. Lauknya macem-macem, ada tahu, daging, wah pokoknya rame deh. Rasanya juga rame. Kenyang. Siangnya gua makan Nasi Pecel. Ni makanan juga enak banget. Lauknya banyak. Ada nasi, pecel, telur bumbu bali ama ayam kecap. Enak banget. Tapi gua nggak makan ayam kecapnya karena rasa bawang. Hehehehe.

Abis makan, gua pergi ke salah satu mall di Surabaya, yaitu ke Tunjungan Plaza. Ini mal kalo di Jakarta bisa disamain ama Blok M Plaza. Rame abis. Trus lagi ada live music gitu, jadinya banyak banget orang. Ini kedodolan gua yang lain, kenapa juga gua main ke mal. Jelas-jelas di Jakarta mal seabrek-abrek. Bego dehh. Dari Tunjungan Plaza, gua jalan kaki ke Joglo Pasar Seni di Balai Pemuda. Ini kayak gedung pertemuan gitu yang jual pernak-pernik kayak kerajinan tangan Jogja, kaos, dll. Abis jalan-jalan keliling, gua lanjut jalan kaki. Tujuan selanjutnya adalah Monumen Kapal Selam alias Monkasel. Disini ada 1 kapal selam gede banget. Sumpe deh. Apalagi pas elo masuk ke dalemnya. Nggak kebayang ada orang yang mau tinggal disitu. Hiyy.

Pas udah agak sorean, sambil minum-minum, gua duduk di samping Monkasel, tepat di tepi Sungai Mas. Nah, gua rekomen banget lo lo pada kesini. Kalo malem, lampu-lampu di sekitar Sungai Mas ini dinyalain. Bagus banget deh. Apalagi buat foto-foto. Kayak dimana gituu. Keren deh.

Puas foto-foto di Sungai Mas, gua naik angkot ke daerah Jembatan Merah. Tujuan selanjutnya adalah makan malam di Kya Kya. Nah ini dia nih, tempat makan yang paling asik yang gua temui. Bayangin aja, satu jalan raya dibuat tempat makan. Makananya macem-macem deh. Ada makanan mie goreng gitu, seafood, pokoknya banyak banget. Suasananya kayak di Cina gitu. Banyak lampion, bahkan gerbang utamanya pun berarsitektur Cina. Ada naganya bow. Wah seru deh pokoknya. Makanannya juga enak.

Gua pulang ke Jakarta pagi. Naik kereta Argobromo Anggrek yang berangkat jam 08.10 dari Stasiun Pasar Turi. Nah, kereta Argo Anggrek ini emang kereta api khusus eksekutif. Jadi emang enak banget dan cepet pula. Gua sampe Stasiun Jatinegara jam 6 sore. Dan gua kembali menghadapi kemacetan di Jakarta. Bayangin aja, dari Stasiun Jatinegara jam stengah 6 sore, sampe rumah jam stengah 8 malem. Oh Jakarta….Jakarta.

Walaupun nggak banyak tempat yang bisa gua datengin di Surabaya karena keterbatasan waktu, tapi gua menikmati banget perjalanan gua ke Surabaya ini. Mungkin perjalanan selanjutnya gua mau ke Semarang atau ke Malang. Kayaknya menarik. Hehehehehe.