Wednesday, March 15, 2006

Pulau Pramuka

Akhirnya jadi juga gua berlibur ke Pulau Pramuka setelah sempet batal kmaren gara2 cuacanya nggak bagus. Gua, Ade, Sammy, Titis en Afgi akhirnya ikut jalan-jalan ala backpacker ke Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu. Pulau Pramuka ini adalah Pulau tempat kegiatan administratif Kepulauan Seribu dijalankan.

Kita berangkat dari Stasiun UI ke Stasiun Kota naik kereta pagi jam 05.00. Kita pikir thu kereta sepi, eh ternyata penuh. Banyak tukang sayur, ada yang bawa lemari, wah pokoke komplet deh. Akhirnya kita berdiri tu di kereta sambil terkagum-kagum liat bapak-bapak itu yang bawa sayur banyak banget, gimana cara bawanya ya?. Hehehehehe. Akhirnya kereta sepi en kita dapet duduk setelah di Stasiun Mangga Besar gitu deh.

Dari Stasiun Kota, kita naik Metromini 02 Jurusan Senen- Muara Karang trus nyambung lagi naek angkot kecil 01 ke Pelabuhan Muara Angke. Pas berangkatnya kita diturunin di jalan yang jauh banget dari pelabuhan. Kita ngelewatin tempat pelelangan ikan, pasar ikan yang baunya bikin nggak napsu makan deh. Becek pula. Untung kita semua kesana cuma pake sendal jepit doang. Udah gitu kita naik ojek perahu ke Pulau Pramuka. Sumpe deh, kapalnya kecil en pengap. Udah gitu perjalanan laut selama 3 jam ke Pulau Pramuka bikin kita mati gaya di kapal. Mana sempit. Akhirnya Ade, titis en Afgi naik ke atap kapal, Gua ma Sammy tetep di bawah berusaha mencari posisi terbaik. Udah gitu kapal yang kita naikin oleng bener, supirnya eh nahkodanya dodol. Si Sammy udah geletakan aja thu, mabok laut. Huheuehuehuehue.

Kita nyampe di Pulau Pramuka sekitar jam 10 trus langsung menuju ke mess yang udah dipesen ama si Ade. Ampe di mess kita yang memulihkan diri" gitu. Tidur-tiduran en males-malesan. Jam 12 baru pada "siuman" en kita keliling Pulau Pramuka buat nyari makan siang. Beneran, Pulau Pramuka ini nggak seperti Pulau Untung Jawa kemaren. Susye bener nyari makan. Makanannya standar gitu. Jadinya kita selama disitu nggak bisa makan ikan bakar, karena kudu beli sendiri ikannya di Pulau Panggang. Aih, malay kaleee.

Abis makan, kita langsung siap-siap buat snorkeling. Nyewa perahu, nyewa masker, pelampung en kaki katak. Pertamanya nih, gua ragu-ragu juga mau ikut, soalnya kan gua sama sekali nggak bisa renang. Tapi kata mas-masnya, gak masalah kalo nggak bisa renang. Ya udah, gua ikutan juga. Pertamanya yang blum bisa renang kita latihan dulu di tempat yang cetek. Latihan napas pake mulut ama ngambang. Di tempat itu lumayan dah banyak karangnya. Kaki ama tangan gua ampe abis beset-beset kena karang. Yang lain juga kecuali si Ade yang emang udah jago Snorkeling. Si Titis ama Sammy juga sempet kena Bulu Babi.

Udah lumayan bisa, kita langsung ke tempat terumbu karangnya. Gilee, pemandangannya indah banget. Lo kayak masuk ke kerajaan bawah laut. Karangnya bagus-bagus, warna warni. Ikannya banyak, lucu-lucu. Oh iya, gua sempet ngeliat si Nemo lowhh, si ikan clown fish. Ih lucu banget pengen gua bawa pulang. Hehehehehehe. Trus liat bintang laut yang warnanya biru. Lucu. Trus Bulu Babi, kayak monster gitu. Duri-duri item trus matanya merah ngedip-ngedip. Lucu. Wahhh....pokoknya indah banget deh. Gua ampe ketagihan gitu. Gua berenti pas kaki gua kram aja. Kanan kiri kram ya udah gua berenti. Trus pas udah sore kita balik ke Pulau Pramuka. Tapi dasar masih pada pengen maen, kita akhirnya berenang-berenang bareng anak-anak Pulau Pramuka gitu di dermaga. hehehehe. Pada jago-jago banget berenang gitu.

Udah capek main akhirnya kita balik ke mess buat mandi-mandi. Nah pas mandi ini deh baru kerasa perih banget. Kaki tangan gua, semuanya perih. Abis mandi kita jalan-jalan ke keliling Pulau lagi buat makan malam. Karena kita udah kemaleman, akhirnya cuma ada tukang bakso doang yang buka. Ya udah, akhirnya kita makan bakso aja. Hiks.....Abis makan kita balik ke mess, ceritanya pada kecapean pengen langsung tidur. Tapi ternyata masih pada ngobrol-ngobrol gitu. Nggak tau deh jam berapa gua baru tidur. Yang pasti gua bangun tidur jam 8-an. Si Ade udah bangun duluan. Bangun tidur, minum teh sarapan indomie. Dari pagi di Pulau Pramuka ujan gitu. Dah males banget deh, mati gaya nggak bisa kemana-mana.

Akhirnya pas udah redaan, gua ama ade ujan-ujanan ngeliat Tempat Penangkaran Penyu Sisik. Penyu-nya lucu-lucu banget deh. Ada yang masih kecil-kecil ampe yang sekitar 2 tahunan umurnya. Mereka di tempatin di kolam-kolam gede gitu. Sayang waktu kita kesana telor penyu-nya udah pada netes, jadinya nggak bisa liat telor penyu. Tapi kita sempet liat penyu-nya dikasi makan ikan. Pas udah puas foto-foto, gua ma Ade balik ke mess. Cowok-cowok dodol itu ternyata baru pada bangun. Si Titis ama Sammy mo ke tempat penyu juga, ya udah gua ma Ade balik lagi ke tempat penyu. Si Afgi tetap tidur dengan nyamannya. Dasarrrr.

Abis ujan-ujanan kita mandi en santai-santai nunggu kapal pulang. Gile, ujannya tambah gede trus angin lagi. Dingin. Mana jaket gua basah lagi pas liat penyu jadinya nggak bisa dipake. Akhirnya sambil nunggu kapal, kita ngopi-ngopi dulu di cottage yang deket dermaga. Kebetulan penjaganya baek jadinya kita boleh nongkrong disitu. Sekitar jam 3-an, kapal Calvin, kapal yang kita naikin dateng. Yang ini kapalnya rada gede2. Tapi tetep aja, pas kita balik ombaknya gede banget anginnya juga kenceng. Akhirnya kita berlima kedinginan gitu diatas kapal. Akhirnya setelah 3 jam diterjang badai, kita nyampe juga di Muara Angke. Naik angkot lagi, naik metromini lagi ampe stasiun Kota. Udah gitu di Stasiun Kota kita pisah. Gua, Ade en Titis naek Kereta jurusan Bogor en si Sammy ke Bekasi. Gua nyampe rumah jam stengah 9 malem dengan kaki yang ngilu, perut gua yang kumat en kedinginan. Abis deh pokoknya. Abis cerita-cerita en ngeluarin oleh-oleh, gua beli manisan rumput laut, gua tidur kecapekan.

Wahhh....bener-bener liburan yang seru abis. Jadi pengen snorkeling lagi. Hmm.....snorkeling di Bali enak kali yaaa....... (^_^)